LAPANGAN FUTSAL APA LAPANGAN PEKERJAAN

LAPANGAN FUTSAL APA LAPANGAN PEKERJAAN

 

Animo masyarakat tentang sepakbola membangkitkan semangat untuk berolahraga. Futsal merupakan salah satu alternatif olahraga yang menjadi pilihan, baik dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Walaupun ketersediaan lapangan futsal sudah banyak, pada kenyataannya masih belum memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga para konsumen harus berlomba-lomba memesan lapangan futsal tersebut.  

Dengan animo tersebut, membuat investor berani menanamkan modalnya untuk membangun lapangan futsal diberbagai kota di Indonesia. Dengan harapan, mereka akan mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis tersebut. Banyak kita temui lapangan-lapangan futsal yang bermunculan di lahan-lahan kosong di berbagai daerah. Biasanya mereka membangun lapangan tersebut di daerah dekat pasar, kantor, sekolah, kampus dan tempat strategis lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaring dari kalangan mahasiswa, pebisnis, karyawan muda bahkan orang-orang dewasa yang sudah berumah tangga.

Biaya pembangunan juga tidak sedikit. Para investor berani menanamkan modal mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Anggaran tersebut digunakan untuk keperluan material yang diimpor dari luar negeri dan biaya konstruksi gedung. Diantara konstruksi gedung tersebut antara lain, kamar mandi, kafe, locker room, tempat parkir, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Dan tidak lupa juga, pengelola harus mengeluarkan gajih untuk para karyawannya.

Tanggungan para investor juga tidak terletak pada biaya saja.  Perijinan adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis tersebut. Pengelola harus melegalkan lokasi tersebut melalui pemerintah dan ijin pada masyarakat sekitar. Kemudian kesadaran pelanggan juga perlu dinilai penting. Karena prilaku pelanggan yang kurang baik terhadap fasilitas, cepat atau lambat akan bisa mempengaruhi minat konsumen yang lainnya.

Bisnis yang membutuhkan modal tinggi ini sangat mempengaruhi harga penyewaan setiap lapangan. Bisa kita lihat, rata-rata sekitar jam 6 pagi sampai jam 12 siang, harga sekitar 60 ribu rupiah. Dan untuk jam 1 siang sampai jam 12 malam, harga sekitar 120 ribu rupiah. Bahkan untuk hari sabtu dan minggu, harga bisa mencapai dua kali lipat harga semula. Penyewaan juga bukan hanya dari konsumen-konsumen biasa. Seperti penyewaan lapangan dalam jangka waktu beberapa hari oleh acara yang diadakan oleh kampus-kampus atau lembaga yang lainnya.

Pemasukan dari bisnis lapangan futsal tersebut, tidak hanya diperoleh dari biaya penyewaan pelanggan saja. Tetapi dari sektor lain juga memberikan pemasukan yang baik, seperti halnya penyelenggaraan turnamen baik tingkat-tingkat pendidikan ataupun umum. Sehingga akan menarik sponsor yang bisa memberikan masukan tambahan pada event-event tertentu. Dan pengadaan pelatihan futsal sejak dini juga diterapkan sebagai tambahan masukan bisnis tersebut. Tidak lupa juga, dengan tujuan untuk memunculkan pemain-pemain baik tingkat nasional dan internasional. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s